Friday 6 September 2013

Bali - Lombok yang Bikin Nombok


Sabtu, 10 Agustus 2013

Pukul 3 pagi aku terbangun. Padahal menurut perhitunganku, aku baru merasakan tidur selama dua jam. Tak nyenyak memang tidurku semalaman. Memikirkan apa yang akan terjadi esok hari, membayangkan cukupkah uangku nanti, menebak-nebak atmosfer Lombok dan Rinjani yang belum pernah ku ketahui, bertanya-tanya adakah jodoh yang akan kutemui di timur sana?

WOY! GIT! BANGUN!

Oke, aku bangun.
Segera kuraih ponsel dan menghubungi semua nomor Bang Fadly yang ku punya. Bang Fadly satu-satunya travel-mate ku dari Jakarta. Sebelumnya ia telah berkunjung ke rumahku pada malam takbiran dengan tujuan memperkenalkan diri sebagai orang yang akan menjagaku di Lombok. Dengan postur tubuh berotot dan muka sangar-nya, Ayah percaya bahwa aku akan baik-baik saja bersamanya. 

Aku mengenal Bang Fadly dari Semeru, ia merupakan ketua kelompok unyu. Kami memanggilnya Abang Otot atau BF. Namun setelah beberapa kali nada sambung, telefonku tak juga diangkat. Akhirnya aku memutuskan mandi dan bersiap-siap. Setengah empat pagi aku berangkat dengan diantar Ayah, Om dan Kakakku. Menurut pemberitahuan Bang Fadly, kami akan menaikki pesawat Air Asia tujuan Denpasar, Bali dengan jam penerbangan pukul enam pagi. Nampaknya aku kepagian, juga kelaparan karena lupa sarapan.

Bang Fadly tiba lebih dulu. Setelah berpamitan dengan Ayah, Om dan kakakku, akhirnya kami Check-in dan sarapan. Bobot Carrier yang kubawa sebesar 11kg, sementara Bang Fadly 16kg. Berat ya?!!

Dan yang tak diduga adalah...

Bang Fadly mengucapkan selamat ulang tahun sambil memberiku sebuah bingkisan.

"Dari Nauvel.." Katanya.

Aku membukanya,
dan sesuatu yang hangat mengalir di pipiku...



Sebuah novel indie yang berisi tentang catatan perjalananku di blog, dengan cover berwarna krem muda, dengan ilustrasi rel, kereta api, gunung-gunung dan suasana camp, yang diberi judul "Menuju Jauh".

Air mataku meleleh..

Tak pernah terbayangkan olehku seperti apa rasanya gemetar melihat buku dengan penulisnya namaku sendiri. Aku memang suka menulis, aku memang ingin sekali memiliki buku yang ku tulis sendiri. Namun keterbatasan waktu, ide dan fasilitas membuatku hanya berani menulis di blog ini saja. Masih terlalu minder untuk mempublikasikan sebuah buku, masih takut tulisanku ditolak penerbit, lebih tepatnya.

Aku gemetar melihat sebuah buku dengan penulisnya namaku sendiri..

Segera ku telefon Nauvel, mengucapkan berkali-kali terimakasih padanya.

Dan isi dari buku "Menuju Jauh" adalah semua tentangku, tentangmu, tentang kita.
Tentang kalian, kawan-kawan baru.. Sahabat dari Semeru.

Bang Fadly cekikikan melihatku menangis.

"Abang Jahat! Kenapa ndak kasih bukunya nanti aja pas udah di Bali, atau pas di Rinjani sekalian. Di depan orang-orang banyak, biar Agit ndak cengeng. Abang jahat!!" Aku menggerutu.

"Abang mana tau kalo' isinya buku itu. Kirain apa. Pantes Nauvel telfonin abang melulu, udah sampe atau belum paketannya, udah dikasih Agit atau belum. Ternyata..." Jawabnya bijak.

"Agit gemetar, Bang.."

"Sama, Git.. Abang juga. Mana ada orang lain yang kepikiran ngadoin buku itu selain Nauvel coba." Bang Fadly mencoba meyakinkanku.

"Ndak tau, Bang.. Agit masih belum yakin.." Jawabku pelan. Entah suaraku terdengar olehnya atau tidak. Kami melanjutkan sarapan. Aku hanya mengaduk-aduk nasi gorengku. Pikiranku mengawang-awang.

"Udah, gak usah bingung.. Abang tau Nauvel baik. Gitu aja. Tinggal Agitnya yang gimana.."

"Iyaa.." Jawabku kalem.

"Abaaang, ini isi bukunya masih banyak nama Kukuuuh.. Nauvel kok gak ngapus nama Kukuhnya siiiih.." Pekikku sambil membolak-balikkan isi buku.

"Ya itu kan tulisan Agit, Nauvel juga gak ada hak buat ngedit. Biar lebih natural, Git." Bang Fadly menjawab santai.

"Tiap ke Gunung manapun, Agit selalu bikin puisi buat Kukuh, Bang.." Aku menutup muka dengan tissue.

"Ngapain sih masih inget-inget Kukuh?" Bang Fadly sewot. Aku nyengir :D

"Agit titip bukunya ya, Bang. Carrier Agit fullpack. Sayang kalo rusak." Aku menyerahkan buku Menuju Jauh. Bang Fadly meraihnya lalu memasukkannya kedalam daypack.

Kami menuju Boarding Room pukul 5. Berbincang-bincang seperti semula, sampai akhirnya masuk ke dalam pesawat dan tertidur sambil mp3an. Ketika melintasi Jawa Timur, kami terbangun dan bang Fadly sibuk membidik sunrise.

Itu gunung apa?


"Itu gunung apa, ya, Git?" Tanya BF sambil menunjuk ke bawah.

"Semeru kali, Bang." Jawabku ngasal.

"Eh, tapi di sebelah sana juga banyak gunung, Git." BF sibuk menunjuj-nunjuk.

"Ya, kan dari Semeru juga kelihatan banyak gunung, Bang." Aku terkekeh.

Tak lama, pesawat kami tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

"Bali.. Bali.. Baliii.." Aku bernyanyi sambil joget-joget. Bang Fadly ikut-ikutan joget sambil tertawa-tawa. Hahahaha..

Kami segera meluncur ke bandara sebelah, lupa namanya. Pokoknya kalo penerbangan domestik, berangkatnya dari sana. Bandaranya gede, masih baru, juga mbingungin. Bang Fadly segera mengurus tiket penerbangan ke Lombok. Merpati pukul 15.00 WITA.

Kami segera keluar bandara, mencari es teh. Bali panas ternyata. Dan warung-warung juga jarang. Bayanganku saat itu hanyalah segelas es teh buatan ibu-ibu warteg. Tapi apa daya, mencari makanan halal disini pun susah. Kami mampir ke sebuah toko kelontong. Bang Fadly membeli sebotol minuman dengan bulir jeruk, sementara aku membeli sekaleng larutan penyegar dan sebotol air mineral.

Kesan pertama untuk Bali ; Bali uwakeh asu.

Kami berbincang-bincang dengan si pemilik warung. Bertanya-tanya arah sampai diberi pinjaman motor dan penginapan dengan tarif 150ribu. Kami menolak dengan pasti.

Sampai akhirnya kami menemukan sebuah tempat sewa motor dengan tarif 40ribu dan tanpa jaminan. Tapi tetep sih, carrier kami ditinggal disana. Ribet juga jalan-jalan pake Carrier. Sebuah kunci motor honda vario berada di genggaman Bang Fadly.

"Yuk, Kita kemon.."

Motor melesat dengan pengendaranya yang tak tahu arah, serta dengan penumpangnya yang tak tau jalan pulang. Kami berdua bagaikan butiran debu #halah. Motor melaju sesuka roda dan stangnya. Bali yang macet serta bule-bule yang padet bikin pikiran tambah mumet. Kami akhirnya tiba di Pantai Kuta, Bali... yang kata orang, “belum ke Bali kalo belum ke Kuta”, tapi menurut kami, Kuta sama aja kayak Ancol.. cuma beda ombak dan beda 'pemandangan'.

Kami berjalan dari ujung ke ujung hanya dengan satu tujuan, 'mencari es kelapa'. Tapi malangnya, sepanjang garis pantai hanya ada yang jualan bir dan tattoo. Terus aku kudu piye?

*Lanjut poto-poto*


Unyu @Kuta, Bali


*Pulang*

*Nyari makan siang*

Sempet menyasarkan diri kesini..




Dan memasrahkan diri untuk memakan ini..

Nasi Pedas Bu Andika

muka melas kepedesan :(


Bang Fadly makan dengan lahapnya, sementara aku hanya memakan setengahnya. Perutku panas, hidungku panas, mulutku panas, telingaku panas sampai-sampai kepalaku juga panas. Untung aku mengurungkan niatku untuk bugil disana sangking panasnya. Oh, Tuhan.. Adakah sambal yang tak sepedas buatan ibuku di dunia ini? :(

Setelah urusan perut kelar, kami kembali mengitari Bali. Bang Fadly menyempatkan diri memasuki pasar joger, sementara aku menjaga motor di pinggir jalan. Malas kalau harus parkir dan mengeluarkan uang lagi. Kami sudah cukup berfoya-foya disini. Dari yang namanya minum air mineral harus merek Nestle - dengan alasan, hanya Nestle yang bikin tenggorokan adem. Padahal penelitianku di laboratorium menunjukkan MPN Coliform Nestle yang terbanyak dibanding air mineral merek lainnya. Oke, Abaikan.

Jarum jam menunjukkan pukul 13.00 WITA. Bang Fadly segera melajukan motor ke tempat penyewaan. Dengan acara nyasar dan macet-macetan dulu. Setibanya di tempat penyewaan, kami segera mengembalikan motor dan menggendong carrier masing-masing lagi. Berjalan menuju bandara penerbangan domestik dan Check-in. Setibanya di Boarding Room, aku tertidur. Bang Fadly sibuk nyari colokan.

Pesawatnya delay. Aku bosan tidur terus. Akhirnya berkenalan dengan orang-orang dengan wajah dan atribut pendaki yang semenjak aku tidur sudah berisik di sebelahku. Mereka alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Tujuan kami sama, Puncak Anjani.


Setengah empat sore, akhirnya Merpati yang kami naikki terbang ke Lombok. Aku tidur lagi dan terbangun ketika pesawat mendarat dengan cara yang menegangkan :| *ndak mau ingat-ingat*

Dan sesampainya di Lombok, kami disambut oleh angin semilir yang menyejukkan hati, deretan pegunungan yang menyegarkan mata, juga sunset yang menghangat di pipi.



Di belakang BF itu gunung apa?

Kami terdiam di Lombok Praya Airport cukup lama. Menanti seorang kekasih, yang tercantik yang datang di hari ini #eaaa #uhukBFuhuk. Enggak deng, kami menunggu Teh Farah, kawan asal Bandung yang tiba-tiba memutuskan ingin ikut ke Rinjani. Dan sampai kami menunggu selama dua jam pun, ia belum juga memberi kabar.

Dari yang duduk-duduk nyari charger sampe nongkrong di depan indomaret sambil nyargher juga. Pokoknya dimanapun ada colokan, kami akan mendatanginya. Teh Farah tak juga menghubungi kami dimana posisinya, tapi tiba-tiba ia malah mengganti DP BBM-nya dengan foto bandara Lombok. TETEH DIMANAAAA?!! Oke, kami kesal.

Memasuki Waktu Indonesia Tengah Bagian Maghrib, akhirnya Teh Farah menemukan kami yang luntang-lantung di depan Indomaret. Segera kami salam-salaman dan mencharter mobil. Beberapa pendaki melintas di hadapan kami. Dari pendaki yang dekil sampai pendaki dengan penampilan rapi.

“Bang, kira-kira nanti temen-temen kita yang dari Surabaya itu Pendaki dekil apa Pendaki rapi ya, Bang?” Tanyaku iseng.

“Hah? Maksudnya?” Ia terlihat bingung. Aku menggunakan ‘kode mata’.

“Oooh, rapi deh, Git. Kayaknya. Kita aja termasuk pendaki rapi, kan? Cuma keliatan dekil aja gara-gara muter-muter kemana-mana. Hahaha” Bang Fadly menjawab dengan diakhiri tawa. Aku ikut tertawa.

“Eh, ada yang mau ke Mataram, gak? Ikut dong.” Tiba-tiba seseorang berambut cepak dengan Carrier 80L fullpack yang digendongnya dibelakang dan daypack didepannya, dan tas kamera ---- entah bagaimana cara ia memakai 3 tas dalam bersamaan---, ia bertanya kepada kami.

“Ini kita mau ke Mataram, Bang. Rinjani juga?” Sahutku.

“Iya, ikut dong. Biar murah sewa mobilnya.” Ia cengengesan.

“Masnya sendirian? Solo trekking?” Tanya Bang Fadly. Ia mengangguk sambil cengar-cengir.

“Jago lu, Bang. Hahahaha” Sahutku sambil tertawa.

“Eh, sekarang kita mau kemana?” Tanya Teh Farah tiba-tiba. Teh, daritadi kan kita ngomongin sewa mobil ke mataram -_-

“Mataram dulu, kita nungguin rombongan dari Surabaya. Mereka baru datang besok. Kalo bisa cari penginapan dekat terminal.” Jawabku sabar.

“Masnya mau ngapain ke Mataram?” Tanya BF lagi.

“Mau ketemu temen, kalo bisa sih malam ini juga langsung ke Sembalun. Tapi kalo ga bisa ya cari penginapan dulu aja.”

Akhirnya kami mencharter mobil. Pak supirnya baik. Kami diantar ke penginapan, kemudian diantar lagi keliling Lombok, lanjut makan malam di rumah makan Ayam Taliwang yang bikin nguras kantong. Enak sih, tapi menyesal kemudian.

 
Pesta Pora

Ini namanya Bang Martin


Sekitar pukul Sembilan, kami tiba di penginapan lagi.

“Eh, Cuy.. Gue langsung balik ya? Ni duit buat patungan hotel.”

“Laaaaaaahhhh?!!!” Sahut kami bersamaan.

“Hehehe iya tuh, temen gue tadi gak ada kabar, makanya gue cari penginapan. Eh tau-tau sekarang udah di depan.”

“Langsung Sembalun malam ini juga?” Tanyaku.

“Iya kayaknya, tapi kalo gak memungkinkan ya besok aja. Ni duitnya.”

“Eeeeh, gak usaaah.. Kan gak ikut nginep.” Sergah Bang Fadly.

“Gapapa udah.” Ia memaksa, Bang Fadly menyerah. Huh, dasar BF lemah. #eh *dijitakBF*

Setelah bertukar nomor ponsel, Ia memakai Carrier, daypack, dan tas kameranya lagi. Kemudian bersalaman dengan kami dan melangkah keluar kamar. Hati-hati, teman baru --- yang baru ini diketahui kalau namanya Martin [--,]>


Dan saatnya kami istirahat untuk melanjutkan hari esok yang masih jadi misteri..
Bang Fadly dan Teh Farah sudah terlelap, sementara aku masih sibuk mengetik notes, mengingat-ingat apa saja yang terjadi seharian, juga menyempatkan diri untuk meng-admin di @backpackerunyu :D



Minggu, 11 Agustus 2013


BANGUUUUUUUUUUUUNNNNN!!!!

“Abang udah mandi?” Tanyaku pada BF.

“Belum. Suhunya tembus tujuh belas derajat nih Lombok.” Jawabnya sambil mengutak-atik kabel charger dan Ipinnya (ipin itu sebutan untuk i-Phone ya :D )

“Teteh?” Aku menoleh ke teh Farah. Ia menggeleng.

“Agit mandi duluan ya?” Tanyaku meminta persetujuan mereka. Keduanya mengiyakan.

“Abang bikin prendjak aaah..” Teriak BF sambil menyebutkan nama merk teh yang enak.

“Maaauuuuuuuu!!!” Teriakku.

Selesai mandi, nge-teh dan bongkar muatan, akhirnya kami menyempatkan sarapan dan beli nomor XL Lombok. Huehehehe iseng banget ya? Habis, banyak yang bilang kalau sinyal yang nyangkut sampai atas Rinjani nanti XL. Lagipula sebagian besar tempat penyewaan seperti sewa mobil sampai sewa porter pun menggunakan kartu perdana XL. Biar murah sih ceritanya.

Lombok pagi hari masih sepi, seperti hati yang baru ditinggal kekasih pergi #tsaaaah. Entah memang sepi karena libur lebaran atau penduduknya yang malas bangun pagi, aku tak tahu. Intinya tak ada tukang bubur ayam atau tukang ketoprak yang melintas dengan gerobaknya pagi-pagi seperti di Jakarta atau Jawa Barat. Tukang Nasi Uduk pun tak ada. *megangin perut*

Sampai kami menemukan sebuah rumah makan mirip dapur umum, bagian lantainya masih semen (bukan ubin) yang menyediakan menu utama Kelor. Hah? Kolor? *dikeplak BF*

Iya, daun kelor yang diolah menjadi sayur bening. Ditambah potongan babat goreng yang empuk, sate ati-ampela dan sepotong ayam kampung, juga terong balado dan sambal. Rasanya enak sekali, sayurnya pun segar sekali. Enaknya melebihi Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung yang malam sebelumnya kami makan di restoran mahal ituuuuuh. Iyaaaaa. Enakan iniiii :’( 


“Babatnya empuuk iiih, padahal aku teh ga doyan babat aslinya maaah..” Ujar Teh Farah dengan logat Sundanya yang khas.


“Iyaaa, ini enaaaak. Huhuhuuu. Lebih enak dan lebih murah dari yang semalaaam.” Suaraku terdengar tragis.

“Jauuuuuuuhhh..” Sahut BF dan Teteh kompak. #ciyeeeee

“Agit kok ndak pake ayam?” Tanya BF.

“Agit malas ngunyah ayam, Bang. Dari kemarin ayam terus.. Bosan. Enak ini babatnya.” Jawabku.

“Beli lagi apa nih babatnya?” Tanya BF lagi. Belum sempat kami menjawab, namun Bang Fadly telah membawa sebuah piring berisi enam potong babat goreng. Aaaaah, Suurgaaaaa :’)

Kami makan sampai kekenyangan, kemudian lanjut pulang dan foto-foto.

Tak lama Mbak Niza mengabarkan bahwa mereka sedang menuju penginapan kami. Alhasil kami buru-buru pulang dan berkemas. Tak sampai satu jam, Mbak Niza dan kawan-kawan sampai.
 

Jantungku deg-degan ingin bertemu teman-teman baru. Antara penasaran dan minder karena katanya Mas-mas dari Surabaya ini Suhu semua. Seperti apa ya, orang-orangnya??

Setelah siap, aku keluar penginapan paling pertama, BF mengurus check-out, sementara Teh Farah masih berkutat dengan barang-barangnya. Hehehehe ^^v


"Assalamu'alaikuuuum.." Sapaku pada Mas-mas yang telah menunggu lama. Mereka menjawab salamku. Aku berkenalan satu persatu.

"Kenalin, Agiiiiit. Ini siapa?"


(Bersambung kesini >>> Keluarga Baru dari Sembalun :) )


18 comments:

  1. seeeepppp... seru ceritanya, besok lg aja ah lanjut bacanya :D

    ReplyDelete
  2. aah, pingin banget kesana belum kesampaian, semoga cuti ini segera di approve.. mantab bin keren

    ReplyDelete
  3. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia2.blogspot.com

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. keren git,
    gw ngiri dah bisa menikmati indahnya Negeri kita..

    ReplyDelete
  5. keren mba cerita..*kasih 2 jempol

    ReplyDelete
  6. Seruuu. Baca besok lagi ah sambungannya. Betewe. Salam kenal dari backpacker juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo dilanjut terus bacanyaaa :D Salam kenal jugaaa :)

      Delete
  7. ajibbbb,agit rame nih orang nya *kaya nya* hahha

    ReplyDelete
  8. racun bangets ngets...sudah lama pengen ke sana >.<

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...