Wednesday 18 March 2015

Ekspedisi 7 Puncak Gunung di Indonesia

“ If you can change your mind, you can change your life “
- William James-

Ekspedisi tujuh puncak gunung di Indonesia? Siapa sih yang nggak mau! Saya, sebagai pendaki abal-abal aja kepingin bisa mendaki ke-tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Apalagi yang beneran pendaki, sudah pasti menjejakkan kaki dan mengibarkan berndera di puncak tertinggi, menjadi bagian dari mimpi mereka.

Semua berawal dari mimpi...

Saya pernah memiliki mimpi mendaki ke Semeru dari bangku sekolah menengah, dan baru tercapai ketika saya duduk di bangku kuliah. Kemudian menuliskan cerita perjalanannya di blog ini dengan judul Memorable Trekking Semeru 2013 dan membuat trafficnya menjadi naik drastis. Sehingga dari sana, saya mulai giat menulis kembali, beriringan dengan semakin rajinnya saya melakukan perjalanan dan pendakian ke gunung-gunung di pulau Jawa.

first summit saya, 18 tahun.
Memang benar kalau mendaki itu membumikan hati, namun ia melangitkan pikiran. Semakin sering saya mendaki, semakin tinggi saya bermimpi. Kali ini saya bermimpi merayakan ulang tahun di puncak gunung tertinggi di Lombok, Gunung Rinjani. 


Sembilan belas tahun di Puncak Rinjani adalah pengalaman yang luar biasa. Sepulangnya dari sana, saya membuat cerita yang tak tanggung-tanggung jumlahnya. Lebih dari seratus halaman Ms. Word berhasil saya ketik dalam kurun waktu satu bulan. Sempat bimbang akan diapakan tulisan tersebut. Mau dikirim ke penerbit, namun tulisan saya lebih cocok dipublikasikan di blog. Maka saya membuat sebuah Series dengan judul Rinjani Mountain 2013 - The Series. Dan betapa terkejutnya saya ketika statistik blog tembul dua puluh ribu viewer dalam sebulan. Bagi seorang blogger abal-abal seperti saya, tentu saja saya kaget. Ditambah lagi seorang editor yang tertarik dengan cerita Rinjani saya tersebut. Namun sayang, hingga saat ini, naskah saya tak kunjung selesai. Ternyata, nge-blog lebih mudah daripada menulis buku.

puncak gunung tertinggi saya yang kedua.
19 tahun di Rinjani

Kecintaan saya mendaki sampai saat ini masih terus berlanjut. Walau saya tahu betul kalau saya bukan seorang mapala yang pandai dan mengerti dasar-dasar pendakian. Saya hanyalah seorang penikmat alam yang senang bercerita melalui tulisan. Itu saja cukup menjadikan alasan untuk saya mengapa mendaki.

Sempat terbersit keinginan merayakan ulangtahun ke duapuluh di Kerinci, namun saya masih belum siap. Maka saya mengubah rencana ke Kerinci menjadi ke Argopuro, gunung dengan trek terpanjang se-pulau Jawa. 

Kerinci bisa lain waktu, pikir saya waktu itu. Namun malah menjadi hutang yang harus segera dilunasi. Mengapa segera? Karena usia saya yang semakin tua dengan kesibukan yang semakin padat ditambah lemak di perut yang semakin menyulitkan saya mendaki gunung. Tak hanya Kerinci, kelak saya juga ingin ke Puncak gunung tertinggi di pulau besar yang ada di Indonesia selain Semeru dan Rinjani. Masih ada Gunung Bukit Raya di Kalimantan, Latimojong di Sulawesi, Binaiya di Maluku, dan Cartensz di Papua.

Masih ada lima puncak gunung tertinggi, yang menunggu untuk didaki.

Masih banyak mimpi yang harus diraih.

Seperti mimpi Cumit, Jogie, Anes, Ivan, Jonka, dan Begeng yang merupakan sekelompok anak muda pekerja film dan aktivis lingkungan. Mereka tergabung dalam Aksa 7 Artspedition. Saat ini mereka sedang dalam perjalanan membuat film yang bercerita tentang ekspedisi menjelajahi Nusantara dan tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh pulau besar yang ada di Indonesia, yaitu gunung-gunung yang sudah saya sebutkan di atas tadi.


Konsep dari film ini yaitu tujuh orang membawa tujuh kamera, mendaki tujuh gunung tertinggi yang tersebar di tujuh pulau terbesar nusantara. Mereka akan merekam ekspedisi ini dari sudut pandang masing-masing, disatukan dan diolah menjadi satu buah film. Setiap orang dibebaskan untuk mengambil gambar apa saja, tentang apa saja, selama sesuai tema.

Tema dari film ini adalah 'aku', diangkat dari kata-kata “It is not the mountain we conquer, but ourselves” yang diutarakan Edmund Hillary, orang pertama yang berhasil menaklukkan Everest. Setiap orang diminta memaknai 'aku' dan mempersiapkan konsep pengambilan gambar dan suara sesuai tema tersebut. Berikut teaser film mereka yang merupakan simulasi di Gunung Raung.




Loh, teamnya kan cuma ber-enam? Kok di film bisa bertujuh?
Iya, jadi satu orang lagi bakalan ada bintang tamu seperti artis-artis petualang gitu. Bakalan ciamik banget deh film-nya! Nah, demi mendukung film ekspedisi dan pembuatan film tersebut, Torean dan Arkananta membuat produk kaos Limited Edition edisi Aksa 7. Hasil penjualanya akan digunakan untuk membantu pembuatan film tersebut. Seperti project kegiatan mereka yang sudah dipublish di wujudkan.com.

Pilih Darius atau Medina? :3

 
Dengan membeli kaos ini berarti kalian sudah membantu mendorong budaya petualangan di Indonesia menuju tahap yang lebih baik. Film ini rencananya akan menjadi persembahan bagi Indonesia dalam mengkhidmati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015 nanti.

Kaosnya sendiri tersedia dua warna, yakni warna merah dan hitam.
Untuk order :
Support Package (Kaos dan Totebag)
Rp 200.000 (blm trmsk ongkos kirim)
Transfer via BCA 2302112461 atas nama Anggi Frisca
Ukuran : S, M, L, XL (All Size)
Format order:
Nama :
Alamat :
Ukuran baju :
sms ke 085779099807 (phio)
atau bisa melalui web torean : http://torean.co/product/kaos-aksa-7/

Dana dari penjualan kaos di atas akan digunakan sebagai biaya produksi dan ekspedisi di sisa gunung yang belum dijalani. Sedangkan biaya 3 gunung sebelumnya yaitu Gunung Kerinci, Gunung Semeru, dan Gunung Rinjani didapatkan dari hasil iuran anggota tim, teman serta kolega. So, jangan ragu lagi untuk bantu mereka menuntaskan proyek film ini! Agar saat Hari Sumpah Pemuda nanti, yang nggak bisa merayakan di gunung, bisa ramai-ramai nonton di bioskop :D

Dan semoga saja, saya juga bisa menuntaskan tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau besar di Indonesia seperti mereka...



***Referensi: torean.co, @wujudkanID, Aksa 7 Artspedition.
***Foto: Koleksi pribadi dan laman web wujudkan.com.

17 comments:

  1. benar, selagi muda bagusnya kalau mau menaklukkan puncak gunung. apalagi sebagai perempuan, sudah menikah, udah, banyak kendala dech, hehe...
    contohnya saya, naik rinjani pas hamil 3 bulan, naik semeru pas hamil 6 bulan. Kerinci? setelah melahirkan, hahaha....

    kapan2 mau naik, bisa share infonya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, kece bener emak satu ini :D
      Untung aku masih mudaaa. hihihi

      Delete
  2. Darius donkk.. Mau ikutan donk :)

    www.littlenomadid.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ikutan beli kaosnya dulu aja, ya :D

      Delete
  3. Wahhhh keren ngerayain ultah di gunung. Pengen banget nyobain naik gunung. Selama ini baru backpacker-an aja, itupun kalo ada libur panjang dari kantor. Kayaknya sebelum menikah harus nyobain naik nih

    ReplyDelete
  4. Pengen sih, tapi apa daya saya hanya kuli di Jakarta dengan waktu yang terbatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak disempet-sempetin ya nggak akan jadi, kak :p

      Delete
  5. Pengen banget 7 summit gunung di INDONESIA tapi lagi suka mantai :''')

    EnjoyBackpacker

    ReplyDelete
  6. Saya kemana2 sendiri dan dg dana sendiri. Kadang berpikir untuk menjajahi semua puncak di Indonesia. Tapi, apa daya biaya dan terbatasnya waktu menjadi kendala. Salam kenal dari Pecinta Kaldera.

    ReplyDelete
  7. Hihiii ini nih yg kaya gini nih biasanya jadi virus demam nanjak

    ReplyDelete
  8. Jangan lupa kunjugi situs terbaru kami di indomonopoly.com satu-satunya hadir di indonesia.
    anda sudah bisa bermain dengan minimal deposit Rp.20.000 dan minimal withdraw sebasar Rp.50.000
    anda juga bisa bermain melalui ANDROID dan COMPUTER. buruan guyss jangan lupa promosikan ke teman-
    teman anda untuk bermain dan MENAGKAN BERLIAN SEBANYAK MUGKIN. untuk keterangan lebih lanjut bisa
    langsung hubungi livechat kami.
    1.kunjungi web kami : http://bit.ly/1QULFBI

    2.BBM Pin : 5649B320

    3.contact us : LINE : hermilyrostan

    4.cara bermain game INDOMONOPOLY di pc http://bit.ly/1R1fOPQ

    5.petunjuk unduh game INDOMONOPOLY di android http://bit.ly/1SoikP4

    6.TERSEDIA JUGA DI PLAYSTORE KHUSUS DI ANDROID ANDA http://bit.ly/22ESOcV

    7.Tutorial cara bermain dan sistem potongan pada permain : http://bit.ly/1RFLt4X

    8.cara daftar userid di INDOMONOPOLY http://bit.ly/1mldTZz

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...