Friday 26 December 2014

Asam Manis 2014

Tahun ini saya merasa hidup berubah begitu cepat. Dari yang awal tahun rutin nulis secala berkala, sampai akhirnya bulan Agustus sampai akhir tahun jadi males-malesan nge-blog. Bukan, bukannya males, tapi kini saya menjadi pekerja nine to five, dilanjut kuliah malam sampai pukul sembilan. Sampai di rumah, langsung tidur gitu aja. Tuh, kan... Jadi curhat.

Asam Manis 2014, kalau diingat-ingat sih, banyakan manisnya. Mari kita flashback cerita-cerita perjalanan saya yang aneh-aneh dan menyenangkan:

1. Januari
    Pergi ke Bandung, ngerayain ulang tahun Nauvael, jajan-jajan mochilok, ke Braga Culinary Night, nongkrong sama BPI Bandung sampai pagi, ke Kineruku. Bisa dibaca di sini dan sini.

2. Februari
   Ceritanya mau silent trip ke Lawu sambil Tahun Baru China, tapi si dodol Imam malah ketinggalan kereta. Sementara semua peralatan masuk ke carrier dia semua. Jadilah kita napak tilas di Solo dan Jogja si Kota Mantan. Dan pulangnya, tertahan di Semarang - Comal gara-gara banjir. Ini perjalanan paling Asem, tapi seru.

3. Maret
    Bulan Maret adalah postingan terbanyak di tahun 2014, tapi sayang isinya iklan semua. Kebetulan saat itu juga buku saya yang bentuknya antologi, resmi rilis di pasaran. Jadi keranjingan promosi disana-sini. Hahaha. Eh tapi ada satu jalan-jalan, deng. Naik gunung sama jerapah! Baca aja di sini.

4. April
  Bulan April ini seluruh Sabtu-Minggunya, saya nggak ada di rumah. Iya, minggu pertama ke Cirebon. Minggu kedua gathering kantor ke Cikole. Minggu ketiga ke Gunung Gede ngawal anak-anak SMA. Minggu keempatnya, saya ke tukang urut. Bulan April juga pertama kalinya saya bawa kamera buat jalan-jalan. Iya, kakak ipar saya punya dslr yang tak kunjung dipakai. Daripada berdebu dan usang, mending dikasih saya, kan?
   Dan inilah jepretan pertama saya yang paling lumayan dan banyak disukai. Pria bersarung di bawah ini, owner rumah sakit tempat saya bekerja, lho.
Panggil saja beliau Abah

5. Mei
   Pertama kalinya saya bikin tulisan tentang kota saya tercinta, Bekasi, untuk diikutsertakan lomba Potensi Daerah. Dan Alhamdulillah tulisan dengan judul Mengenal Sisi Lain Bekasi Lewat Muara Gembong, menang!

Bekasi masih punya sawah, lho.



6. Juni
  Awal Juni saya nemenin Kakak yang lagi hamil dua bulan dan tiba-tiba ngidam ke Belitong. Mumpung gretongan, cuss lah berangkat. Disana saya ketemu dengan Bang Kiray dan Komunitas Gapabel, Gabungan Pecinta Alam Belitong. Kami dibawa ke tempat-tempat yang jarang diketahui orang!


Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini.


7. Juli
    Bulan Puasa. Lebih sering kegiatan sosial daripada ngetrip. Eh tapi saya sempat wisata rohani ke At-Ta'awun Puncak, Bogor. Ceritanya kangen kabut dan ketinggian. Tapi rasanya nggak kuat naik gunung puasa-puasa. Jadinya ngabur ke sini deh.


8. Agustus
   Saya resmi duapuluh tahunan di Argopuro, gunung dengan trek terpanjang se-Jawa. Tapi saya belum sempet-sempet nulis cerita perjalanannya di blog. Puanjaaaaang bangeeet! Doakan bisa jadi buku kedua saya di tahun 2015, ya!

Akhirnya, duapuluh! Mari Move On!

9. September
     Kembali bekerja dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya buat bayar semester baru. Selamat datang di Semester-5. Bodohnya, saya baru saja resign dari rumah sakit yang dengan mudahnya memberikan saya libur. Dan sekarang malah jadi pekerja kantoran dengan cuti terbatas :(

10. Oktober
      Saya terpilih menjadi relawan dari komunitas filantropi pendidikan Indonesia bersama sepuluh blogger lainnya. Tempat saya ngajar ini keren banget. Ada di seberang Pulau Umang! Baca kisah ngajarnya di sini, dan kisah jalan-jalannya di sini.
      Bulan ini juga saya dapet kesempatan jalan-jalan gratis ke Singapore sambil ngawal anak-anak kursus di lembaga tempat saya ngajar. Kebetulan cerita-ceritanya baru saya publish di bulan Desember dan belum selesai. Secepatnya saya selesaikan, ya!

heuheuheu... Sombong :3

11. November
        Ngawal anak kursus cabang lain ke Ocean Dream Samudra Ancol, dan masih jadi hutang buat di-publish di sini. Terus sempet nyobain City Tour Jakarta juga. Iya, sabar ya. Satu-satu nanti diceritain :')

12. Desember
      Nggak kemana-mana. Musim hujan. Mending kelonan. Sekaligus bayar hutang tulisan yang masih buanyak banget itu. Hikz :"

Nah, itu dia asam manis perjalanan saya di tahun 2014. Inget-inget asam manis, saya jadi inget satu buku yang lagi mejeng di toko buku akhir-akhir ini. Judulnya Martabak Asam Manis. Mau bukunya? Baca sampai bawah :p


Martabak Asam Manis

Penulis : Fico Fachriza

Penerbit : Bukune

Tahun Terbit : 2014

ISBN : 602-220-138-1

Jumlah Halaman : 178 hlm Halaman



SINOPSIS

“Tes, tes!”Gue ngecek mic sambil lirik-lirik malu ke penonton.“Halo nama gue Fico dan ini kali pertama gue open mic.”Penonton tepuk tangan. Wuisss…, percaya diri gue naik.Gue langsung masuk bit pertama."Menurut gue, kecap sering diremehkan. Padahal penting, loh! Kalo nggak ada kecap, bisa-bisa nasi uduk sama nasi goreng ketukar. Kasihan nasi uduk yang sudah dengki banget sama nasi goreng karena lebih dulu go international."Hening.Penonton sibuk masing-masing. Ada yang tidur, ada yang baca koran, ada yang nidurin koran, Gue udah kayak loper koran di lampu ijo.Nggak dianggep dan ditelan asap knalpot.

Seperti martabak lezat yang terbuat dari perpaduan bahan masakan, cerita Fico pun dibentuk dari banyak cerita. Telur itu seperti Fico yang lucu dan bundar. Baking powder-lah membuatnya mengembang. Taburan cokelat keju memberi rasa manis dan asin dalam hidupnya. Semua itu dicampur dan diolah menjadi ‘Martabak Asam Manis’ yang gurih-gurih enyoy.Sekarang, yuk, kita nikmati hidangan ala Fico. Bon appѐtit!   -


***


Menjelang akhir tahun tentu saja sudah banyak hal kita lewati. Nah, Martabak Asam Manis bercerita proses yang dilalui untuk mencapai impian, melewati olahan, asam sampai berakhir manis. Bagaimana dengan sepanjang tahun ini? Apakah impianmu tercapai?

Kamu bisa mendapatkan buku Martabak Asam Manis @Ficocacola dengan cara mengikuti Giveaway sebagai berikut:
  • Follow @bukune dan @agitavio
  • Coba ceritakan pencapain kamu tahun ini meski melalui proses dan rangkaian tahap perjuangan, meski pencapaian kecil tapi kamu sangat bangga dan bersyukur melewatinya. Tulis di blog kamu, kayak yang udah saya tulis barusan di atas. Contoh singkatnya gini: sepanjang tahun ini, aku mencapai impainku dengan naik kelas dan nilai yang memuaskan, bertemu idola, dan aku bisa meninggalkan kebiasaan buruk bangun siang. Meski awalnya aku harus menabung dan menyisihkan uang jajan, akhirnya bisa membeli tiket konser dan bertemu idola, bahkan aku bisa berfoto dengannya. Sejak aku bisa bangun pagi, aku bisa menyiram bunga dan melihat tanaman di depan rumah bermekaran. Aku senang mencapai tujuanku dan menutup tahun ini dengan manis. Buat contoh versi kamu, ya!
  • Share link blog postingan (GIVEAWAY MARTABAK ASAM MANIS) berisi pencapaian kamu itu ke twitter. Mention ke @Ficocacola @Bukune dan @agitavio. Jangan lupa sertakan kaver buku #MAM dan Sinopsis seperti di atas.
Blog dengan postingan paling menarik akan dipilih oleh twitter saya di @agitavio dan pemenang akan diumumkan 31 malam sebelum menutup tahun. Iya, waktunya emang sebentar banget. Tapi saya yakin kok kalian bisa menyelesaikan secepatnya. Kapan lagi bisa nge-review pencapaian kita selama 2014 terus dapet buku gratisan? Jangan lupa itu sinopsisnya dicopy-paste, ya.
  
Mari bersemangat mencapai impian di tahun baru, nikmati prosesnya baik pahit, asam sampai manis.  

15 comments:

  1. Saya menyimak dulu kak, wiiih 12 bulan sudah ya kak di tahun ini cepat sekali.

    ReplyDelete
  2. wah perlu sayha renungi resapi dan semoga bsia ikutan seru" an mbak Agit mantap...

    ReplyDelete
  3. Tahun yang seru... Sukses GA-nya...

    ReplyDelete
  4. ah, pergi melulu. saya jadi ngiri sama 2014 nya mbak.
    sedangkan saya kerjaannya selama 2014: sekolah, ulangan jelek, remedial dan begitu terus siklusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi dirimu di sg kaaaan? libur natal kemana?

      Delete
  5. Baca tulisan ini jadi ngiri. Banyakan jalan2nya. Hehehe

    ReplyDelete
  6. saya jadi paham kenapa selepas Juli dirimu jadi jarang posting...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang hanya dirimu yang mengerti diriku, mz...

      Delete
  7. Jadi abah ini calon bapak mertua ???? hua hua hua

    ReplyDelete
  8. Kapan kapan jalan jalan bareng biar ada cerita di blog'a agita....hehehe.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...